6 Nama Kandidat Penjabat Bupati yang Diusulkan Oleh DPRD Tanggamus

0

Skalapost – Jelang Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Tanggamus,, tepatnya pada tanggal 20 September 2023, setidaknya ada enam nama kandidat Penjabat Bupati yang sudah diusulkan oleh DPRD Tanggamus, Gubernur Lampung dan tambah usulan Pemerintah Pusat, antara lain Agus Nompitu, Yayan, Budi Darmawan, Mulyadi Irsan, Zaidi Rina dan Zulkarnain.

Ke enam nama tersebut merupakan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) atau Eselon II dari lingkup Pemprov Lampung yang sudah barang tentu memenuhi syarat administratif, kepatutan dan kepantasan, namun demikian setidaknya terdapat beberapa kriteria yang perlu dimiliki oleh Pj Bupati Tanggamus.

Hal tersebut dinilai oleh Akademisi Universitas Lampung, Darmawan Purba ketika menyikapi atas usulan enam nama Calon PJ.Bupati Tanggamus, seperti yang disampaikan oleh Asisten II Pemerintah Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan.

“Point’ penting yang harus dijadikan pertimbangan oleh pengambil kebijakan dalam penetapan Penjabat Bupati yaitu mempunyai Jiwa Leadership, komunikasi publik yang cakap, jaringan yang luas) baik level pejabat publik sampai lapisan masyarakat bawah,”ujar Darma kepada media ini.

Karakter kepemimpinan dan kepemilikan jaringan serta komunikasi publik yang baik akan menjadi pembeda dan tentunya sebuah penunjukkan yang disertai atas kebutuhan dari masalah masalah di Kabupaten Tanggamus,

Dilanjutkan oleh Darmawan, beberapa kriteria yang akan diusulkan, diantaranya;
1. Memiliki kemampuan komunikasi kelembagaan dengan instansi Pemerintah Provinsi, DPRD, Forkopimda dan elemen-elemen masyarakat luas;
2. Pj Bupati harus mampu menjembatani berbagai agenda pemda Tanggamus dengan Provinsi hingga pusat;
3. Pj Bupati harus mampu mengimbangi kinerja Bupati demisioner, misalnya Tanggamus sebagai Kabupaten sangat Inovatif dan mungkin prestasi-prestasi lainnya.
4. Hal utama yang menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan secara serius oleh Pj yakni soal penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan melanjutkan kebijakan pengentasan kemiskinan.
5. Selanjutnya pekerjaan besar Pj Bupati di tahun 2024 adalah mensukseskan pemilihan umum dan pilkada, sehingga dibutuhkan sosok Pj Bupati yang memiliki kepemimpinan publik yang kuat, bisa mengayomi semua elemen yang bekerja dalam proses pemilu dan pihak-pihak yang berkompetisi.
6. Dan yang tak kalah pentingnya sosok Pj Bupati mustilah memiliki jiwa Ketanggamusan yang tinggi, artinya adanya rasa kepemilikikan yang kuat terhadap masyarakat Tanggamus serta memahami dinamika sosial kemasyarakatan di Tanggamus.

BACA JUGA:  KPU Lampung Tengah Berikan Nessy Kalviya - Imam Suhadi No Urut 3

Dari ke enam calon tersebut, ada beberapa Calon yang diketahui oleh publik sebagai orang pergerakan hingga memiliki jaringan yang luas dilevel nasional maupun jaringan dilevel arus bawah dengan kemampuan komunikasi publik, diantaranya Agus Nompitu yang merupakan Aktivis HMI dan Zaidirina yang tak lain adalah Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa Provinsi Lampung. (red_)

Facebook Comments