KPU Batalkan Eva Dwiana-Deddy Amarullah Sebagai Pemenang Pilkada Kota Bandarlampung 2020

0

Skalapost (SK).
Politik – KPU dan Bawaslu Kota Bandarlampung resmi batalkan kemenangan paslon no urut 3 Eva Dwiana-Dedi Amrulloh sebagai pemenang pilkada kota Bandarlampung 2020.

hal tersebut dipastikan usai rapat pleno Kpu Kota bandarlampung memutuskan pembatalan pasangan calon Eva Dwiana-Deddy Amarullah sebagai peserta Pilkada Kota Bandarlampung tahun 2020, Jumat (8/1/21).

Keputusan KPU dituangkan dalam Surat Nomor 007/HK.03.1-Kpt/1871/KPU-Kot/I/2021 tentang Pembatalan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Tahun 2020 tertanggal 8 Januari 2021.

“Keputusan ini berlaku mulai dari hari ini berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada khususnya di Pasal 6. Putusan ini berlaku tiga hari sejak diputuskan oleh KPU,” kata Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi usai rapat pleno di Ruang Mahan Demokrasi KPU setempat.

“Dan pasangan calon bisa melakukan upaya hukum, mengajukan banding gugatan ke Mahkamah Agung paling lama tiga hari,” lanjut Dedy.

Dalam putusan pembatalan paslon No urut 3 oleh KPU, Tim kuasa hukum Eva Dwiana-Deddy Amarullah menghormati putusan KPU Bandarlampung.

“Kita menghormati semua keputusan yang dibuat KPU. Memang kita sudah siapkan materi permohonan upaya hukum ke Mahkamah Agung sebelum dan atau KPU memutuskan melanjutkan atau tidak putusan Bawaslu Lampung,” ujar Juendi Leksa Utama.

“Dalam waktu 3 hari ini, tim akan mengajukan dan mendaftarkan permohonan upaya hukum atas keputusan pembatalan pasangan calon ke MA. Kita akan tunggu KPU Kota Bandarlampung mengirimkan surat keputusan KPU kepada kita secara resmi,” pungkas dia.

Diketahui paslon No urut 3 Eva Dwiana-Dedi Amrulloh dalam pilkada kota bandar lampung menang, dalam hitung Kpu bulan Desember 2020 lalu. (ys).

Facebook Comments
BACA JUGA:  Patroli Kompi 4A Pelopor Amankan Perayaan Natal Wilayah Bandar Lampung