Deli Serdang Petahankan Opini WTP Dari BPK Wakil Dari Propinsi Sumatera Utara TA 2020

0

Skalapost(sk)

Medan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP atas LKPD) Tahun Anggaran 2020. Bertempat di Aula Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sumut Jalan Imam Bonjol No. 22 Medan, Senin (10/5).

Ini merupakan kali ketiga Kabupaten Deli Serdang mendapatkan predikat baik dalam menjalankan administrasi keuangan daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Simut tersebut.

Penyerahan penghargaan opini WTP dilakukan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan SE,MM kepada Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar. Penyerahan hasil penilaian LHP atas LKPD disaksikan Kepala Sub Auditorat Sumut III Syafruddin Lubis SE,Ak, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, beserta Ka BPKAD DeliSerdang Drs Agus Ginting, Ka Bapenda Agus Mulyono SH, Inspektur H Edwin Nasution, Kadis Perkim Heriansyah, Kadis PU Janso Sipahutar ST. MT, Kadis Kominfo Dr Dra Hj Miska Gewa Sari dan Tim Audit BPK .

Dalam acara ini, Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dalam sambutannya mengatakan pemeriksaan laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini, dimana BPK merupakan pernyataan professional pemeriksaan atas kewajaran penyajian laporan keuangan dengan berdasarkan kepada : kesesuaian penyajian dengan SAP, Efektivitas SPI, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kecukupan pengungkapan telah memadai disajikan dalam CaLK. Berdasarkan empat ketentuan tersebut BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang merupakan opini WTP ketiga kali berturut-turut untuk Kabupaten Deli Serdang sejak Tahun Anggaran 2018. Kami mengapresiasi DPRD Kabupaten Deli Serdang atas prestasi ini. Kami tentunya berharap agar capaian ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Kami mengapresiasi upaya Pemkab Deli Serdang didukung oleh DPRD Kabupaten Deli Serdang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Harapan kami pengelolaan keuangan dapat semakin baik dan akuntabel serta opini laporan keuangan TA 2020 dapat ditingkatkan. Tidak hanya meningkatkan opini,tetapi lebih penting lagi,yaitu mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

BACA JUGA:  DPP PWDS Kecam Tindakan Pengeroyokan Wartawan Pada Saat Meliput Pemakaman Korban Covid-19

Dalam kesempatan ini , Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Ketua BPK Perwakilan Provinsi Sumut beserta tim yang telah menilai LHP atas LKPD Kabupaten Deli Serdang TA 2020. Kami percaya kepada Lembaga ini, karena Pemkab Deli Serdang dalam pengerjaan LHP atas LKPD nya terus dituntun ,dibimbing dan diawasi secara maksimal agar LHP LKPD Kabupaten Deli Serdang terus membaik dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang baik.

Pemkab Deli Serdang bersyukur atas bimbingan dari bapak/ibu BPK yang akhirnya tahun ini kami bisa mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Walaupun kami telah mendapatkan opini WTP dari BPK Perwakilan Provinsi Sumut, kami berharap dukungan dan bimbingan dari bapak/ibu tim dari BPK agar laporan keuangan Pemkab Deli Serdang terus membaik

“Semoga Opini WTP yang diraih tiga kali berturut turut bisa dipertahankan , sekaligus menjadi pembelajaran bagi pemerintah Deli Serdang pada masa yang akan datang”kata wabup.

Sebelumnya, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri juga mengatakan Prestasi WTP Kabupaten Deli Serdang sejak 2018 merupakan prestasi yang sangat membanggakan, ini memiliki arti penilaian dari BPK bahwa, laporan keuangan berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, Pemerintah Daerah dianggap telah dapat menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya dan kalaupun ada kesalahan, maka kesalahannya tersebut tidak dianggap signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang berharap untuk tahun ini pula dapat memperoleh penilaian/opini terbaik yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan kenyataannya berhasil memperoleh WTP, dimana DPRD Kabupaten Deli Serdang sendiri melihat bahwa kinerja Pemerintah Daerah selama ini kami pandang juga cukup memuaskan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja agar semakin efektif dan efisien sesuai dengan visi misi dari Bupati Deli Serdang yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup di segala bidang bagi masyarakat semakin baik.(JS)

Facebook Comments