TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS Tahun 2021 Resmi Ditutup

0

Skalapost(sk)

Deli Serdang-Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Kodim 0204/DS tahun 2021 resmi ditutup oleh DANREM 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung SH, yang bertempat di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (14/7).

Acara penutupan TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS dirangkai dengan penandatanganan serta penyerahan berita acara TMMD Ke-111 Kodim 0204/Deli Serdang diserahkan Komandan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara kepada sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos dan disaksikan DANREM 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung SH.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD kabupaten Deli Serdang Zaki Shahri, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, Kepala BNN Deli Serdang AKBP Suhadi Suwondho SH, para Pimpinan OPD terkait, Camat beserta Muspika Kecamatan Bangun Purba.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dalam sambutanya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein S.Sos mengatakan, bahwa program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan program yang mengedepankan nilai-nilai keterpaduan, kepedulian, antara tni, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk mendorong meningkatkan pembangunan dan ekonomi yang ada di desa, agar masyarakat lebih sejahtera.

“Tanpa terasa, program TMMD ini telah selesai, Anggota TNI, Pemerintah Daerah serta segenap komponen masyarakat, telah bahu membahu menyelesaikannya. Semoga koordinasi dan kerjasama yang terjalin selama pelaksanaan kegiatan TMMD, hendaknya dapat terus dijaga dan ditingkatkan, karena hal ini merupakan salah satu barometer kemanunggalan hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat”,ucapnya.

Dalam sambutanya Panglima Kodam I/Bukit Barisan MAYJEND TNI Hassanudin, S.I.P., M.M yang disampaikan DANREM 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung SH mengatakan bahwa lebih kurang satu bulan lamanya sejak tanggal 15 juni 2021 para prajurit, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerja sama dalam melaksanakan berbagai program TMMD Ke-111 di Wilayah Kodam I/Bukit Barisan.

BACA JUGA:  Pencarian 3 Anak Hilang Secara Misterius Hingga Hari ke-14 Belum Membuahkan Hasil

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di 6 wilayah kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan Meliputi Kodim 0204/Deli Serdang, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kodim 0314/Indragiri Hilir, Kodim 0321/Rokan Hilir, Kodim 0306/ Lima Puluh Kota dan Kodim 0315/Bintan telah berhasil menyelesaikan seluruh sasaran baik fisik maupun non fisik dengan baik, sesuai yang kita harapkan bersama.

Program TMMD ini merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah yang sudah dilaksanakan sejak lama dengan tujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan. TMMD yang merupakan bagian dari Operasi Bhakti TNI diwujudkan dengan cara membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ucapnya.

TMMD ini juga merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya para pendahulu kita yang selalu bekerja sama bahu-membahu antar setiap elemen masyarakat dalam setiap kegiatan yang kita kenal dengan sebutan “Gotong Royong”ucap Pangdam I/BB dalam pidatonya yang disampaikan DANREM 022/PT.

Adapun sasaran TMMD KE-111 yang sudah kita selesaikan antara lain pembukaan dan pembangunan jalan beton, pembangunan jembatan penghubung antar desa, pengerasan jalan, pembuatan gorong – gorong dan pembuatan saluran air di kanan serta kiri jalan. Selain itu, Satgas TMMD KE -111 juga melaksanakan rehab rumah tidak layak huni milik masyarakat dan rehab fasilitas umum berupa rumah ibadah.

Di samping sasaran fisik tersebut, kita juga telah menyelesaikan sasaran non-fisik berupa penyuluhan yang tentunya akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya guna menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa, mencegah peredaran maupun penyalahgunaan narkoba, bahaya terorisme dan komunisme serta sosialisasi protokol kesehatan covid-19 dan vaksinasi bagi masyarakat, ucapnya.

Sebelum Dandim 0204/DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara juga menyampaikan bahwa TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS dinyatakan selesai,kegiatan TMMD yang dilaksanakan sudah mencapai target yang ditentukan seratus persen selesai.

BACA JUGA:  Warga protes atas di bangunnya gudang milik PT Djarum tbk di Batang Kuis

Ia menjelaskan,kegiatan fisik yang dilakukan diantaranys pembuatan badan jalan sepanjang 3900 meter ,pengecoran jalan 2500 meter,6 unit rumah tidak layak huni,2 Masjid sudah terselesaikan yang terletak di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba.

“Semoga hasil dari kegiatan TMMD ke-111 ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Mabar dan dapat dirawat dengan baik agar tidak rusak serta bertahan lebih lama,”ucapnya(js)

Facebook Comments