Pembangunan Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Deli Serdang Resmi Di Mulai

0

Skalapost(SK)
Deli Serdang-Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Deli Serdang oleh Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan bersama Bupati H Ashari Tambunan,  bertempat di Jalan Negara Medan Siantar, samping Kolam Renang Pemkab Deli Serdang Lubuk Pakam,  yang dirangkai dengan pemberian santunan kepada 23 anak yatim piyatu.(13/04/2021)

Bupati H Ashari Tambunan menjelaskan, bahwa di tengah situasi rendahnya budaya membaca, berinovasi dan kreativitas, literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka membantu menumbuhkan kreativitas serta meningkatkan keterampilan dan kecakapan sosial, yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan saat ini, cara yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut yaitu dengan melengkapi fasilitas pembangunan perpustakaan yang sesuai dengan standar Nasional Perpustakaan.

Mengingat pentingnya peran dan kontribusi perpustakaan dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan, maka keberadaan perpustakaan, perlu untuk diperhatikan dan diberdayakan. Karena itu, adanya pembangunan fasilitas gedung perpustakaan umum Kabupaten Deli Serdang yang akan dilaksanakan ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terutama dalam rangka meningkatkan indeks literasi budaya baca, papar H Ashari Tambunan.

“SDM itu sangat penting, karna sumber daya alam saja tidak menjamin sebab banyak negara yang kaya akan sumber daya alam, tapi miskin dalam perekonomian karna tidak memiliki SDM yang baik”,tambahnya.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang Drs Misran Sihaloho M.Si mengatakan, Tujuan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah   ini adalah “ Terbangunnya Gedung Perpustakaan Umum di Kabupaten Deli Serdang yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Daerah Kabupaten/Kota “.

Drs H Misran Sihaloho juga memaparkan, bahwa pengusulan DAK Fisik Sub Bidang Perpustakaan Daerah melalui Aplikasi KRISNA (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran), dengan melampirkan data dukung dalam bentuk tercetak dan digital yang terdiri dari : surat pernyataan Kepala  Daerah belum memiliki Gedung Layanan Perpustakaan, Sertifikat kepemilikan lahan, dokumen Detail Engginering Design (DED), surat pernyataan Kepala Daerah tentang peruntukan lahan untuk perpustakaan, kerangka acuan kegiatan, rincian angggaran biaya, dan daya dukung lainnya yang menjadi syarat untuk mendapatkan bantuan gedung layanan perpustakaan ini.

BACA JUGA:  Diduga PTPN II keluarkan ijin akses jalan ke pengusaha galian C di Desa Wonosari

“Pembangunan ini yang direncanakan berjalan sampai  6 bulan kedepan sehingga secara keseluruhan Pembangunan  Gedung ini dapat terselesaikan dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam rangka Pelayan Perpustakaan Umum kepada seluruh lapisan  Masyarakat untuk meningkatkan Indeks Budaya Literasi”,kata Misran Sihaloho.

Hal senada juga dijelaskan Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan, saat ini kondisi bangsa Indonesia sedang memasuki tahap yang sangat menentukan, karena kondisi demografi. Artinya generasi diatas 18 tahun jumlahnya akan melebihi orang-orang diatas lansia. Karenanya, pemerintah harus mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Terkait Pembangunan Perpustakaan Kabupaten Deli Serdang Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan berharap, perpustakaan itu tidak boleh konservatif seperti dulu, dalam membangun perpustakaan itu, isinya harus sudah berupa alat alat elektronik yang bisa mereka lihat, dan semua buku buku juga harus  di upload didalam perangkat, kemudian membaca itu harus fun, happy, tidak ada merasa terpaksa, ada sesuatu yang dia cari, karna anak anak tumbuh dari rasa ingin tau lebih tinggi.

Sebagai Guru dan fasilitator yang menggerakkan anak ini untuk mencari sesuatu yang berbeda, yang dia ingin menjawab, bisa pelan pelan meraka cari dan bisa didapat didalam buku, sehingga rasa keingin tauan dari anak anak kita menjadi bisa tersalurkan lewat bacaan,ucapnya.

“Sebagai Pemerintah Daerah harus menyediakan tempat yang baik untuk anak anak kita,  dan pembangunan perpustakaan ini merupakan jawaban untuk menaikan tingkat kegemaran membaca yang baik”, kata Sofyan Tan.

Hadir pada kegiatan itu, diantaranya, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang Drs H Misran Sihaloho M.Si, Kepala Bappeda Ir Remus Hasiholan Pardede, Plt Kadis P2KB-P3A DR Hj Miska Gewasari, Inspektur H Edwin Nasution, Kadis Perkim Heriansyah Siregar ST, Kaban Kesbangpol Drs Haris Binar Ginting, Kepala Dinas Kepemudaan,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata H Khoirum Rizal ST,M.AP dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setdakab Deliserdang M Ari Mulyawan Simatupang.(JS)

Facebook Comments