Guna Kurangi Kasus Kematian Covid-19, DPRD Lampung Sampaikan Tiga Saran untuk Pemprov

0

Bandar Lampung – Guna mengurangi kasus kematian Covid-19, DPRD Lampung menyampaikan tiga saran untuk dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Hal itu mengingat dalam kunjungannya beberapa hari lalu, Presiden RI Joko Widodo menyebut angka kematian akibat Covid-19 di Lampung termasuk tertinggi secara nasional.

“Untuk menurunkan tingkat kematian akibat Covid-19 itu ada tiga, pertama bagaimana pelaksanaan vaksinasi harus berjalan lancar dan kebutuhan oksigen tercukupi,” ujar Sekretaris Komisi V DPRD Lampung, Rahmat Mirzani Djausal, Minggu (5/9/2021).

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bagaimana tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 menurun.
Lalu bagaimana cara pemerintah melakukan 3T yakni testing, tracing, dan treatment sebanyak mungkin. Sehingga ini bisa mengurangi rasio itu,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan ketika ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, segera isolasi secara terpusat (Isoter) agar mendapatkan pengawasan.

“Meskipun indikator tubuh bagus, tetapi tetap harus isolasi di tempat yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Karena banyak kejadian yang meninggal karena terlambat penanganannya,” ungkapnya.

Hari ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung mencapai 47.368 kasus dengan total yang sembuh sebanyak 40.705 orang dan yang meninggal dunia 3.629 orang

Sementara berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Lampung per 4 September, ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 dengan ventilator di ruang isolasi tekanan negatif yang masih tersedia, yakni :

1.RS Abdul Moeloek tersedia 1
2.RSUD A. Yani Metro tersedia 2
3.RSU Graha Husada tersedia 2
4.RSU Bumi Waras tersedia 1
5.RS Ekstension Pertamina Bintang Amin tersedia 24
6.RSU Tubaba tersedia 2
7.RSUD Alimuddin Umar tersedia 4
8.RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji tersedia 1
9.RSUD Pringsewu tersedia 2
10.RSU Mitra Husada tersedia 2
Sedangkan tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi biasa yang masih tersedia, yakni :

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Heni Susilo Reses di Pekon Gisting Atas

1.RS Abdul Moeloek tersedia 14
2.RSUD Pesawaran tersedia 1
3.RSUD Menggala tersedia 4. (Win)

Facebook Comments