Drs. Agus Kabat, M.Pd., Resmikan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021

0

Skalapost (SK).
Lampung Selatan – peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2021 yang diselenggarakan oleh wawai waste telah terselenggara yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Bapak Drs. Agus Kabat, M.Pd., mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lampung Selatan minggu, 28/02/2021.

Wawai Waste adalah Lembaga Swadaya Masyarakat dengan Fokus Penanganan mengenai Isu Persampahan di Provinsi Lampung. Berdiri pada 16 April 2020 memiliki Visi Mewujudkan Masyarakat Lampung Bijak Kelola Sampah, dengan Isu Sustainability yang dibangun, diharapkan output yang dicapai Masyarakat bisa terbiasa bijak dalam mengelola sampahnya.

Pada pelaksanaan yang di selenggarakan di pantai minang rua bakauheni kali ini wawai waste mengusung tema ” Sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi ” yang merupakan tema besar dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI, dan dihadiri oleh -+ 100 Peserta yang terdiri dari 11 Instansi diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Selatan, Pokdarwis Pantai Minang Rua, Karang Taruna Desa Kelawi, PC PMII Lampung Selatan, IKAMM Lampung Selatan, DKC Pramuka Lampung Selatan, Kwarcab Pramuka Lampung Selatan, Ikatan Keluarga Alumni SMA Kebangsaan, Komunitas Kaki Langit, Komunitas Ruang Peradaban, dan Masyarakat Relawan Indonesia Cabang Lampung Selatan dan dari Volunteer Perseorangan dari Wisatawan Pantai Minang Rua.

Target Kedepan dari Manajemen Program GeBer Perairan Wawai Waste, Acara Cleanup In Action dapat dilaksanakan diseluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung agar Forum PeduliSampah dapat terbentuk dan memberi kebermanfaatan di Seluruh wilayah Lampung. Serta Seluruh Program-program dari Wawai Waste bisa merata ke Seluruh Wilayah Provinsi Lampung, adapun program utama wawai waste diantaranya adalah Sharia Trash Bank, Waste Ranger, Lamban Organik, GeBer Perairan, Waroeng Wawai dan program sosial yaitu Berkah Minyak Jelantah, dan 4S (Sedekah Sampah Seminggu Sekali).

BACA JUGA:  H. Tony Eka Candra (TEC): Kerja Keras Kader, Menangkan Partai Golkar Pada Pemilu 2024

Selain itu, Direktur Eksekutif Wawai Waste Deni Andika Pratama dan Lafran Habibi ST. MT selaku Penggiat dan Ahli Lingkungan Lampung Selatan berharap terbentuknya Forum PeduliSampah Lampung Selatan, Memasifkan Gerakan Edukasi tentang Pengelolaan Sampah di Masyarakat, Membentuk Forum Bank Sampah se Lampung Selatan, Membentuk Bank Sampah Induk di Kabupaten Lampung Selatan. Harapannya Rencana Tindak Lanjut dari hasil FGD ini dapat terealisasi untuk menuju Masyarakat Lampung Selatan Bijak Kelola Sampah.

Pemilahan Sampah diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu Sampah Plastik, Sampah Residu, dan Sampah B3 dan peserta berhasil mengumpulkan sebanyak 46,4 Kg Sampah Plastik, 63 Kg Sampah Residu dan 27 Kg Sampah B3 yang selanjutnya sampah yang berhasil dikumpulkan dan dipilah akan dikelola oleh Pokdarwis Pantai Minang Rua. (ilh).

Facebook Comments