Desa Umbulan Digegerkan oleh Peristiwa Perampokan yang Menewaskan Salah Satu Warga

0

Skalapost-Tubaba-Masyarakat umbulan (perkampungan) jelabat HTI (Hutan Taman Industri) dusun Terang Indah, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung digegerkan oleh peristiwa perampokan yang menewaskan salah satu warga didaerah tersebut, pada Kamis (7/5/2020) sekitar pukul 19.00 wib. Jumat, (08/05/20).

Tindak pidana pencurian dengan kekerasan tersebut, terjadi di rumah yang terletak diperkebunan kepala sawit milik warga bernama H.Herman. Korban penghuni rumah meninggal dunia ditempat setelah pelaku menembak kepala korban pada bagian kening.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Gunung Agung AKP. Tri Handoko yang diwakili oleh Kanit Reskrim Polsek setempat, Bripka Suhendro.

”Benar, telah terjadi pencurian dengan kekerasan atau perampokan, pada Kamis, 7 Mei 2020 sekira pukul 19.00 wib. Kejadian tersebut mengakibatkan satu orang korban meninggal dunia di tempat kejadian perkara, yaitu di rumah kem H.Herman tepatnya di umbul jelabat HTI dusun Terang Indah Tiyuh Gunung Terang Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tubaba,” Kata Kanit Reskrim Bripka Suhendro.

Lanjutnya, Menurut kronologis kejadian, yang diceritakan korban yang selamat, berawal dari saat korban beristirahat di sebuah cam atau rumah tempat kejadian, sambil tidur di ruang tamu bersama saksi bernama Topik sedangkan korban yang meninggal dunia bernama Yadi (37) bersama saksi bernama Iwan sedang berada di dapur rumah tersebut.

“Tiba-tiba datang 2 orang tidak di kenal dengan menggunakan tutup kepala dan langsung menodongkan senjata kepada saksi korban bernama Purnomo dan saksi korban bernama Topik, menggunakan alat yang diduga merupakan senjata api dan pelaku sambil berkata ” Jangan Ngelawan, Kau Kutembak” ungkapnya

Pelaku, mengikat kedua saksi korban tersebut dengan tali tambang yang dibawa pelaku dan langsung mengambil handphone milik saksi korban.

BACA JUGA:  Polda Lampung Melepas Tim Pendistribusian Bantuan  5000 Paket Sembako

“Kemudian 2 orang pelaku lainnya masuk menuju dapur, dengan ciri-ciri pelaku 1 orang menggunakan tutup muka membawa alat yang diduga senjata api panjang, sedangkan 1 orang lagi hanya mengenakan baju Sweater berwarna warna hijau di kepala sambil membawa sebilah senjata tajam jenis parang” terangnya

Kemudian dikatakan saksi Purnomo saat itu mendengar suara pelaku berkata ”Jangan Ngelawan Kau”, tak lama kemudian terdengar suara tembakan sebanyak satu kali, dan para pelaku yang berada di dalam rumah tersebut langsung mengeluarkan tiga unit sepeda motor yaitu 1 unit motor Megapro, 1 unit sepeda motor honda Beat berwarna hitam, 1 unit yamaha Rx spesial warna hitam dan pelaku juga berupaya mencari barang berharga lainnya dengan ngengacak acak tas dan pakaian korban.

“Tidak lama kemudian salah satu pelaku yang sudah di luar, menyuruh para pelaku yang berada di dalam untuk cepat keluar, kemudian pelaku langsung membawa kabur barang milik korban tersebut ke arah perladangan tebu HTI.” terangnya

Menurut Bripka Suhendro, atas kejadian tersebut korban kehilangan 3 unit sepeda motor dan 3 buah handphone dan mengalami kerugian kurang lebih Rp 11.000.000- (sebelas juta rupiah).

” Korban yang meninggal dunia ditempat bernama nama Yadi berumur 37 tahun, korban merupakan warga Kampung Jaya Makmur Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Korban mengalami luka tembak di kepala bagian kening” jelasnya

Lanjutnya, para pelaku diduga berjumlah empat orang dan sedang dilakukan penyelidikan.

”Berdasarkan keterangan para korban, Pelaku berjumlah 4 orang berlogat bahasa OKI, lalu pelaku kabur ke arah Kampung Serdang OKI Mesuji Makmur, Kabupaten OKI dan diperkirakan pelaku tersebut merupakan pelaku dari seberang karena wilayah HTI sebab berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan Kemuning Ilir (OKI)” cetusnya.

BACA JUGA:  Pelantikan Pejabat Pimpinan Pratama dan PPUD

Atas kejadian tersebut, korban bernama Purnomo (40), warga kampung Panca Karsa, Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, Topik (29), dan Iwan (24), warga Kampung Panca Mulya Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, telah melaporkan kejadian tersebut, dengan Laporan polisi Nomor : LP / 96 / V/ 2020 / POLDA LAMPUNG / RES TUBABA / SEK GUNA, tgl 07 mei 2020. (Jim)

Facebook Comments