Upacara Penutupan Latma Carat 2024: TNI AL dan USMC Perkuat Kerja Sama Bilateral

0

Skalapost – Latihan Bersama (Latma) Carat 2024 antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) resmi ditutup dalam sebuah upacara yang digelar di Lapangan Apel Yonif 9 Marinir, Batumenyan, Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung, pada Senin (20/05/24).

Latma Carat 2024 yang berlangsung selama beberapa waktu terakhir ini berjalan dengan lancar dan aman. Latihan tersebut melibatkan berbagai kegiatan baik secara taktis maupun teknis, dan diakhiri dengan upacara penutupan yang khidmat bersama personel USMC dan US Navy.

Komandan Batalyon Infanteri 9 Marinir, Letkol Marinir Fuzi Nugraha, S.E., M.Tr.Opsla., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas suksesnya latihan ini. “Latihan bersama Latma Carat 2024 telah selesai. Terima kasih atas pelaksanaan latihan yang luar biasa ini dari awal sampai akhir sehingga tercapai hubungan bilateral yang baik antara dua negara, yaitu Indonesia dan Amerika. Diharapkan ilmu-ilmu yang diperoleh dalam latihan ini dapat dikembangkan di satuan guna meningkatkan profesionalisme masing-masing individu prajurit,” ujarnya.

Latma Carat 2024 merupakan bagian dari program rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasional dan kerja sama antara TNI AL dan USMC. Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan militer kedua negara tetapi juga memperkuat persahabatan dan kerja sama bilateral dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Dengan berakhirnya latihan ini, diharapkan kedua angkatan laut dapat terus saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, serta memperkuat sinergi dalam menjaga stabilitas dan keamanan regional. (*)

Sumber:Dokumentasi Upacara Penutupan Latma Carat 2024 di Lapangan Apel Yonif 9 Marinir, Batumenyan, Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.

Facebook Comments
BACA JUGA:  KPK Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19 di Lampung