Terkait Pemberitaan Media Online, RSUDAM Provinsi Lampung Berikan Klarifikasi

0

Skalapost (SK).
Kesehatan – Sehubungan pemberitaan online di media segalo lampung yang saudara pimpin memuat berita terkait RSUD D.r. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung hari Minggu, 28 Februari 2021, terkait SOP dan pelayanan penanganan pasien di IGD RSUDAM yang sangat Lamban. Berikut kami sertakan kronologis perawatan pasien a/n. Iswanto :

1. Pasien a/n. Iswanto masuk ke IGD RSUDAM Pk.01.41 wib dengan diagnosa cidera kepala sedang dan keadaan umum baik dengan GCS 15 (sadar penuh). Pasien segera dilakukan tindakan wound toilet/pembersihan luka serta pemasangan infuse dan pemberian therapy anti nyeri , serta obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi perdarahan dan infeksi.

2. Menunggu terapi medis selanjutnya sesuai dengan protap tindakan di layanan Instalasi IGD RSUDAM pasien harus dilakukan pemeriksaan rapid antigen untuk memastikan pasien aman dari Virus Covid-19 yang sedang melanda saat ini.

3. Sesuai SOP di Instalasi Lab Patologi Klinik RSUDAM, pemeriksaan antigen dilakukan sesuai jam pengambilan sampel yang telah ditetapkan yaitu Pkl.06.00, pk.10.00, pk 13.00, pk 16.00, pkl 20.00 dan pk.23.00 wib, hal ini dilakukan karena untuk pemeriksaan rapid antigen diperlukan pemakaian APD lengkap, persiapan alat dan regensia. Pasien Iswanto masuk IGD RSUDAM pkl. 01.41 wib sehingga sesuai SOP, sampel diambil pkl.06.00 wibb. Setelah dilakukan pemeriksaan perlu dilakukan tahapan verifikasi dan validasi setelah tervalidasi oleh system segera dilakukan pencetakan hasil. Instalasi Lab Patologi Klinik juga melakukan pemeriksaan sampel lain selain rapid antigen sehingga memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil pemeriksaan sampel tersebut.

4. Setelah pasien dinyatakan Negatif segera dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa scaning kepala dan thorax, setelah hasil scaning pasien keluar dan terbaca hasil segera dilakukan konsul oleh Tim pelayanan IGD dengan dr.Spesialis bedah syaraf dan pasien mendapatkan terapi dan pasien segera dipersiapan dan masuk kedalam ruang perawatan rawat inap.

BACA JUGA:  Ribuan Masyarakat Terancam Terisolasi Akibat Jambatan Amblas dan Hampir Putus

Dengan ini kami harap media online Segalo Lampung. Com dapat menerbitkan berita sesuai klarifikasi dari pihak RSUD .dr.H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Demikian yang dapat Kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih. (rsud).

Facebook Comments