Pemkab Deli Serdang Lepas Pengobatan Ramadani Khorim Ke RSCM Jakarta

0

Skalapost(sk)

Deli Serdang-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melepas keberangkatan anak di bawah umur lima tahun (balita) Ramadani Khorim (4,2) warga Dusun III Ujung Jawi, Desa Namo Bintang, Kecamatan Pancurbatu, yang menderita kanker mata guna mendapatkan tindakan medis lebih intensif ke Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Jakarta, Sabtu (21/8).

Pelepasan dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan didampingi Kepala Dinas Kadis Sosial Rudi Akmal Tambunan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dr Dra Miska Gewasari dan Direktur RSUD Deli Serdang dr hanif Fahri serta Wakil Direktur RSUD dr Asri Luddin Tambunan.

Ketua TP PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan menjelaskan, keberangkatan Ramadani Khorim ke RSCM Jakarta untuk melanjutkan pengobatan sebagai tindak lanjut medis atas kondisi kesehatannya dengan harapan segera sembuh setelah mendapat perawatan awal di RSUD Deli Serdang.

Sebagai bentuk kepedulian atas derita salah seorang warga, Pemkab Deli Serdang bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) turut membiayai keberangkatan serta biaya hidup juga penunjang lainnya termasuk penginapan, minuman sehat dan lainnya.

“Saya selaku Ketua PKK Deli Serdang juga ikut merasakan penderitaaan yang dialami Ramadani beserta keluarga. Mudah-mudahan ini menjadi penolong kepada kesembuhan Ramadani,” ucapnya.

Sementara Desi Karolina boru Kataren ibu kandung Ramadani Khorim menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Deli Serdang melalui Dinas Sosial (Dinsos) yang sudah memfasilitasi perobatan lanjutan anaknya ke RSCM Jakarta. Desi mengaku bingung melihat kondisi anaknya yang harus menderita akibat kanker mata yang diidapnya. Terlebih secara ekonomis dirinya sama sekali tidak memiliki biaya sehingga kepedulian Pemkab Deli Serdang serasa menjadi berkah bagi dirinya dan Ramadani Khorim.

BACA JUGA:  Kapolda Sumut Ikuti Upacara Secara Virtual Rangkaian Serah Terima Jabatan Kapolri

“Saya tidak tahu anak saya harus dibawa kemana dan saya pun merasa sedih tidak bisa berbuat apa-apa. Karena saya tidak mampu. Mungkin ini rejeki saya dengan anak sudah dibantu oleh Pemerintah Deli Serdang untuk mengobati anak saya Ramadani Khorim,” paparnya diiringi isak tangis.

Dari kronologis yang diuraikan pihak RSUD Deli Serdang, Ramadani Khomis merupakan anak Iman Hasibuan dan Desi Karolina boru Ketaren yang sudah berpisah sejak setahun terakhir. Peristiwa berawal, terjadinya pembengkakan di mata sebelah kiri Ramadani Khorim sekira pertengahan Juni 2021.

Rumidah selaku nenek Ramadani Khorim melihat mata sebelah kiri cucunya memerah disertai gatal sehingga selalu diusap dan menimbulkan bengkak semacam bintilan kecil pada kelopak matanya. Kemudian Ramadani Khorim dibawa berobat ke klinik namun ditolak dan atas saran seorang ibu agar diperiksa ke rumah sakit Universitas Sumatera Utara (USU).

Dari diagnosa diketahui Ramadan Khorim mengidap kanker mata ganas dan harus mendapatkan perawatan ke RS Adam Malik dan disarankan menggunakan BPJS Kesehatan.

Ramadani kemudian dibawa pulang ke rumah dan seiring waktu kondisi mata Ramadani Khorim membesar. Dan atas komunikasi dibantu berbagai pihak, Ramadani Khorim dirujuk ke RSUD Deli Serdang untuk mendapatkan perawatan awal sampai akhirnya Pemkab Deli Serdang memfasilitasi pengobatan lanjutannya ke RSCM Jakarta.(JS)

Facebook Comments