Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021

0

Skalapost(sk)

Deli Serdang-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Kepemudaan,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar) menyelenggaragakan Grand Final pemilihan Duta Wisata Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021.Bertempat di Ballroom Wing Hotel Kuala Namu Kec. Batang Kuis, (1/4) Sore.

Bupati H Ashari Tambunan hadir langsung pada pembukaan Grand Final tersebut bersama Ketua TP PKK Deli Serdang Ny.Hj Yunita Ashari Tambunan. Hadir juga Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny.Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar bersama pengurus, Asisten I Drs. Citra Effendi Capah,Kadis Porabudpar Khoirum Rizal ST, Kadis Budpar Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Maike Moganai Ritonga, Para Kepala OPD terkait, Para Camat, Mantan Pejabat Kabupaten Deli Serdang antaralain Mantan Wabup Deli Serdang H Zainuddin Mars, mantan Sekda Drs. H. Azwar S, Msi, Drs. H. Asrin Naim, mantan Asisten I H Syafrullah,  para tokoh budaya Deli Serdang.

Dalam sambutannya, Bupati H Ashari Tambunan menyambut gembira atas diselenggarakannya kegiatan ini karena bertujuan memberi ruang kepada pemuda, generasi millenial Deli Serdang yang memiliki potensi, bakat, dan kompetensi, untuk bersama-sama membangun kepariwisataan atas dasar nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Kegiatan ini adalah bagian dari pembangunan sumber daya manusia, khususnya SDM Kepariwisataan. Selaras dengan misi pertama Kabupaten Deli Serdang 2019-2024 yaitu : “meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas”.

Oleh karena itu generasi muda, khususnya yang mengikuti pemilihan duta wisata tahun 2021, yang memperoleh gelar pada hari ini, maupun yang masih tertunda keberhasilannya harus mengambil peran dan fungsi membangun kepariwisataan Kabupaten Deli Serdang, dengan cara menggali, memahami, memperkenalkan seni, budaya dan pariwisata serta menjalankan budaya luhur daerah.Harus dipahami bahwa duta wisata adalah bagian komunitas  kepariwisataan yang memiliki peranan penting dalam pembangunan kepariwisataan. Duta wisata adalah pribadi bagian terdepan di suatu daerah dalam menggali, memperkenalkan, hingga menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata.

BACA JUGA:  Kepala Desa Sidodadi  Diduga Mempropokasi Aksi Demo

“Sekarang ini Kabupaten Deli Serdang belum menjadi destinasi prioritas di sumatera utara, seperti danau toba. Tetapi Deli Serdang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi pariwisata yang menjanjikan, yang berbasis alam, buatan maupun budaya.”Ujar Bupati H Ashari Tambunan

Daya tarik wisata alam dan buatan, usaha pariwisata seperti rumah makan dan restoran, perhotelan, tempat hiburan, serta usaha-usaha pariwsata yang lain cukup banyak jumlahnya di Deli Serdang selama ini sudah memberi Kontribusi  terhadap pendapatan asli daerah, memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Walaupun setahun terakhir ini usaha pariwisata sangat terpuruk, pekerjanya banyak yang terkena imbas pemutusan hubungan kerja akibat pandemi covid-19.

Kontribusi  terhadap pendapatan asli daerah, memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Walaupun setahun terakhir ini usaha pariwisata sangat terpuruk, pekerjanya banyak yang terkena imbas pemutusan hubungan kerja akibat pandemi covid-19.

Sejak tahun 2019 Deli Serdang mulai mengembangkan desa wisata, kita targetkan 1 kecamatan minimal 1 desa wisata. Desa wisata pangsa pasar utamanya bukan wisatawan manca negara, tetapi wisatawan lokal dan domestik. Dengan harapan secara ekonomi akan menimbulkan efek ganda, seperti : tercipta lapangan kerja baru, peningkatan penjualan produk lokal dan peningkatan pembangunan infrastruktur desa.

“kepada seluruh duta wisata agar terus mempromosikan daya tarik wisata, usaha-usaha pariwisata, seni dan budaya luhur kita yang selama ini sudah dilaksanakan.”Harap Bupati H Ashari Tambunan

Harus diingat tujuan akhir kepariwisataan yang diamanatkan undang- undang bukan jumlah dan lamanya wisatawan yang berkunjung, atau jumlah uang yang dibelanjakan, tetapi untuk meningkatkan
Pertumbuhan ekonomi; meningkatkan kesejahteraan rakyat; menghapus kemiskinan; mengatasi pengangguran; melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya; memajukan kebudayaan; mengangkat citra bangsa; memupuk rasa cinta tanah air; memperkukuh jatidiri dan kesatuan bangsa; serta mempererat persahabatan antar bangsa.

BACA JUGA:  Mentri ATR/BPN apresiasi kinerja Polda Sumut dan Kejatisu

“Kepada seluruh peserta dan finalis saya ucapkan selamat berkompetisi; bagi yang mendapat kesempatan manjadi duta wisata tahun 2021 ini saya ucapkan selamat, semoga dapat mengemban amanah menjadi ikon dan memajukan kepariwisataan kabupaten deli serdang dan bagi yang belum beruntung hari ini, bersabarlah, kalian masih muda, masih terbuka peluang, ke depan banyak kesempatan dan waktu yang masih bisa merubah segalanya.”Pesan Bupati H Ashari Tambunan.

Kadis Porabudpar Deli Serdang Khoirum Rijal ST dalam laporannya mengatakan, sebelumnya dengan peserta 71 orang dari 20 Kecamatan se-Deli Serdang, sudah diadakan audisi/seleksi peserta (Tes Tulis, Wawancara dan Uji Bakat)  pada hari Kamis, 25 Maret 2021 yang bertempat Aula P3UD Tanjung Morawa dan peserta yang sudah lulus seleksi dikarantina pada hari Jum’at 26 Maret 2021. 10 (sepuluh) pasang Finalis (putra dan putri) Duta Wisata Deli Serdang 2021 yang telah mengikuti karantina dan pembekalan.

Tujuan diadakannya Pemilihan Duta Wisata Deli Serdang untuk lebih meningkatkan SDM khususnya dalam bidang Pariwisata.Membentuk remaja-remaja yang berdedikasi dan berprestasi.”Ucap Khoirum Rijal ST.

Pada pemilihan Duta Wisata Deli Serdang tersebut, yang menjadi dewan juri yaitu Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan, Dr. Femmy Indriani Dalimunthe, Hj. Tengku Mira Sinar, MA, Muhammad Andri dan Yoga Pratama.

Setelah melakukakan penilaian, pada Pukul 19.00 WIB, Dewan Juri mengumumkan para pemenang yang akan menjadi Duta Wisata Kabupaten Deli Serdang. Nama-nama para pemenang Duta Wisata Kabupaten Deli Serdang yaitu  Juara Pertama Putra, Yoga Putra Ryananda (Kec. Biru-biru) dan Juara Pertama Putri, Nur Latifah (Tanjung Morawa) menjadi Duta Wisata Kab. Deli Serdang Tahun 2021.

Selanjutnya, Juara Kedua Putra, Andre Yudha Witama Simpho (Kec. Percut Seituan) dan Juara Kedua Putri , Sabrina Oktavilyana (Kec. Patumbak ) menjadi Wakil I Duta Wisata Kab. Deli Serdang. Dan Juara Ketiga Putra, Ramdhan Syahputra Sitorus ( Kec. Pantai Labu) dan Juara Ketiga Putri, Aryati Annisah Putri (Kec. Patumbak) menjadi Wakil II Duta Wisata Kab. Deli Serdang

BACA JUGA:  Sambut HUT RI Ke-76 Pemuda Dan Masyarakat Dusun Damai Desa Tumpatan Adakan Gotong Royong

Untuk Juara Harapan I Putra, Ahsan Raufi Nasution (Kec. Lubuk Pakam) dan Juara Harapan I Putri , Reyhan Dediarni ( Kec. Tanjung Morawa) menjadi Duta wisata Intelegensia Kab. Deli Serdang. Juara Harapan II Putra, Syafrisa Fazhari (Kec. Sunggal) dan Juara Harapan II Putri, Chindy Vallen Aryando Nasution (Kec. Sunggal) menjadi Duta wisata persahabatan Kab. Deli Serdang. Dan Juara Harapan III Putra, Muhammad Iqbal (Kec. Tanjung Morawa) dan Juara Harapan III Putri, Gita Kartika (Kec. Tanjung Morawa ) menjadi Duta Wisata Favorit Kab. Deli Serdang.(JS)

Facebook Comments