YBM PLN PUSMANPRO UPMK IV Dan IZI Sumut Resmikan Program Bina Ternak

0
  • Skalapost(sk)

Karo-YBM PLN Pusmanpro UPMK IV dan IZI Sumut bersama dengan warga resmikan program bina ternak kambing domba di Desa Sugihen, Kecamatan Juhar, Kab. Karo, Sumatera Utara.(30/03/2021).

Program bina ternak ini merupakan kerjasama Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dengan YBM PLN Pusmanpro Unit Pelaksana Managemen Konstruksi IV.
Sekitar 9 ekor kambing jenis domba diserahkan kepada 3 kepala keluarga di Desa Sugihen Kec. Juhar.Kab. Karo saat peresmian program .
Program ini melengkapi dari program budidaya sebelumnya yang sudah dilakukan oleh warga dan mitra selama 2 tahun oleh 11 KK dengan jumlah total kambing domba sebanyak 80 ekor.

“Semoga dengan dana Zakat karyawan muslim PLN yang disalurkan YBM PLN Pusmanpro yang bekerja sama dengan IZI Sumut melalui program bina ternak kambing domba di kampung muallaf ini, bisa membuahkan hasil dan keberkahannya mengalir juga kepada karyawan PLN Pusmanpro Unit Pelaksana Managemen Konstruksi IV Sumatera Utara.

“Semoga program ini mendapatkan keberkahan sehingga para penerimanya bisa sejahtera dan harapan kami para penerima program bina ternak bisa menjadi para muzakki sehingga dapat memberikan bantuan kepada saudara kita yang membutuhkan”, ujar Sigit Herwanto selaku Ketua YBM PLN Pusmanpro dalam kata sambutannya.

Kepala Perwakilan IZI Sumut, M.Iqbal Farizi menyampaikan dalam kata sambutanya, “Semoga program bina ternak ini mendapatkan keberkahan dan bagi para penerima manfaat harus semangat dalam mengembangkan program ini.
Teknisnya program bina ternak ini tidak hanya diberikan ternak begitu saja tetapi juga diberikan pembinaan dan teknis dalam bidang bisnis, pemasaran hewannya dan bimbingan keagamaan sebagai penguatan akidah warga”.

Peresmian ini juga disambut dengan baik oleh warga yang sangat antusias.

“Terima kasih banyak kepada YBM karyawan PLN Pusmanpro Unit Pelaksana Managemen Konstruksi IV Sumatera Utara dan IZI Sumut yang telah memilih dan memperhatikan desa kami untuk berkembang khususnya di program ternak kambing domba ini.

BACA JUGA:  Bupati H Ashari Tambunan Sambut Katim WASEV TMMD Ke 111 Tahun 2021

Semoga keberadaan program ini bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar dan dan mengangkat perekonomian warga”, ujar Ustad Yahya Dai dan didampingi Andreas sebagai Ketua BKM dan tokoh masyarakat’.

Dalam rangkaian peresmian program bina ternak ini para warga dan penerima manfaat juga diberikan pelatihan dan pengetahuan seputar pengembangan peternakan. Materi yang pertama mengenai Inovasi Penggemukan Domba Dengan Pengembangan Potensi Pangan Lokal, yang langsung disampaikan oleh Dosen Universitas Sumatera Utara Adrian Hilman, S.T.P., M.Sc & Mhd. Adanan Purba, S.Pt., M.Sc.

Materi kedua Budidaya Ternak Kambing/Domba yang disampaikan oleh Dr. Simon Elieser Sinulingga (Loka Penelitian Kambing Potong, Kementan RI, Galang Deli Serdang) dan materi terakhir Manajemen Reproduksi yang disampaikan oleh Muhammad Syawal., S.Pt., M.Si (Loka Penelitian Kambing Potong, Kementan RI, Galang Deli Serdang).

Peresmian program bina ternak domba ini diharapkan dapat berkembang dan melahirkan para peternak lainnya sehingga kebermanfaatan program ini tidak hanya saja dirasakan oleh para penerimanya tapi dirasakan oleh warga desa tersebut bahkan sampai desa tetangga dan selanjutnya peserta bisa menjadi muzaki dari program ternak ini ke depannya.(syaf)

 

Facebook Comments