Sekdakab Deli Serdang Buka Rakor TPAKD ,Mendukung Ekonomi Lebih Produktif

0

Skalapost(sk)
Deli Serdang-Sekdakab Darwin Zein S.Sos membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam pencapaian target Triwulan I sesuai dengan arah rancangan program kerja TPKAD Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang (31/3/2021).

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos menjelaskan bahwa TPAKD adalah forum koordinasi bagi Lembaga Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Adapun tujuan dari terbentuknya tim percepatan akses Keuangan daerah ini tidak lain adalah untuk mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif.
Dalam rangka menentukan strategi dan arah kebijakan untuk pengembangan TPAKD, diperlukan adanya Roadmap TPAKD sebagai pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan terkait dalam melaksanakan program kerjadan operasionalisasi TPAKD untuk periode 2021-2025.

“Roadmap TPAKD merupakan dokumen yang memuat visi dan misi serta rencana aksi TPAKD di tingkat Pusat dan Daerah. VISI TPAKD yaitu sebagai akselerator dalam rangka mendorong ketersediaan dan pemanfaatan akses keuangan formal sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan masyarakat di daerah guna pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan visi dimaksud, terdapat 4 misi utama yaitu 1) memperkuat infrastruktur dan peningkatan titik akses keuangan di daerah; 2) memastikan keberlanjutan tpakd untuk jangka panjang; 3) memperkuat kapasitas anggota TPAKD dan peningkatan kinerja TPAKD; dan 4) mendukung pencapaian target literasi dan inklusi keuangan”papar Darwin Zein.

Sesuai dengan arah rancangan program TPAKD Kabupaten Deli Serdang 2021-2025 telah disusun program kerja TPAKD Kabupaten Deli Serdang yang berisi program-program UMKM go digital, UMKM naik kelas, one village one agent, satu rekening satu pelajar, dan penguatan kapasitas dan kinerja TPAKD yang tentu saja telah kita sampaikan kepada Gubenur Sumatera Utara dengan surat Bupati Deli Serdang Nomor: 500/570 tanggal 16 Februari 2021 berisikan target-target yang telah disusun per-triwulan untuk tahun 2021, yang membawa kita pada tujuan rapat pada hari ini yaitu membahas realisasi capaian target Triwulan I yang akan disusun dalam laporan Triwulan I TPAKD Kabupaten Deli Serdang yang harus disampaikan ke OJK paling lambat tanggal 6 april 2021, jelasnya lagi.
“Agar semua pihak TPAKD yang terlibat, terutama OPD yang berkaitan langsung dalam pencapaian target segera menyampaikan data realisasi dimaksud guna penyusunan laporan TPAKD 2021. Semoga realisasi target Triwulan I dapat tercapai dengan optimal sehingga mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan merata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Deli Serdang”,tambahnya.

BACA JUGA:  Milad IZI ke-6, Tebarkan Semangat Pahlawan dan Tasyakuran Bersama Pasien Dhuafa

Hal senada juga disampaikan Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sry Ekayani S.Sos, bahwa maksud dan tujuan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam pencapaian target Triwulan I sesuai dengan arah rancangan program kerja TPKAD Kabupaten Deli Serdang yang sudah ditetapkan pada Rapat Pleno Kabupaten Deli Serdang pada Desember 2020 yang lalu.
Dalam arah program kerja tersebut sudah ditetapkan target per Triwulan, untuk besok ada  ada undangan dari OJK untuk pembahasan realisasi capaian target per Triwulan setiap Kabupaten/Kota di seluruh Sumatera Utara.
Rapat koordinasi pada hari ini untuk meminta realisasi target dari Dinas OPD terkait, salah satunya yang paling mencapai target dari Dinas Pertanian untuk usaha asuransi Tani Padi, Ternak sapi, kemudian Dinas Pendidikan untuk kegiatan satu rekening satu pelajar, kemudian kegiatan yang paling banyak diusung oleh Dinas Koperasi dan UKM salah satunya kegiatan fasilitasi UMKM untuk pemasaran digital atau ecomerce, dari Dinas Perindag dan Dinas Perikanan untuk mengusung UKM yang telah melakukan ekspor.

“Sudah dua UKM yang bisa di fasilitasi untuk ekspor  salah satunya sudah launcing di P3UD bulan februari kemaren ekspor keripik Singkong ke Korea milik PT. Kreasi Lutvi ”,kata Sry Ekayani.(JS)

Facebook Comments